Thursday, March 31, 2016

JADWAL UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN AJARAN 2015/2016

NO
HARI/TANGGAL
JAM
WAKTU
MATA PELAJARAN
1
SENIN, 9 MEI 2016
07.30 - 09.30
120 MENIT
BAHASA INDONESIA
2
SELASA, 10 MEI 2016
07.30 - 09.30
120 MENIT
MATEMATIKA
3
RABU, 11 MEI 2016
07.30 - 09.30
120 MENIT
BAHASA INGGRIS
4
KAMIS, 20 MEI 2016
07.30 - 09.30
120 MENIT
ILMU PENGETAHUAN ALAM

Wednesday, March 23, 2016

SHOLAT DHUHA BERJAMAAH

Mulai semester dua/genap, Januari tahun 2016, Kepala SMPN 52 yang baru - Ibu Dra. Hj. Nailul Fauziyah M.Pd - memprogramkan  Sholat Dhuha berjamaah dan. Program Kegiatan pembiasaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keunggulan peserta didik dalam keimanan dan ketakwaan sesuai dengan visi misi SMPN 52. Sasaran program ini adalah seluruh Warga SMPN 52, baik mulai dari kelas 7,8,9 bahkan guru, TU dan Karyawan. Kegiatan ini dicanangkan untuk diselenggarakan setiap minggu ke 1 dan 3. Program Kegiatan ini dimulai dengan acara tadarus kemudian zikir lalu puncaknya adalah sholat dhuha, dan sekali waktu disisipkan ceramah singkat dari beberapa undangan atau tamu.


Warga SMPN 52 tampak antusias dalam melaksanakan kegiatan ini, pada awalnya kegiatan atau acara tadarus dan zikir dibimbing oleh para guru. Namun seiring dengan perjalanan waktu kegiatan tersebut sekarang sudah dapat dilakukan/dibawakan oleh peserta didik. Kegiatan ini disengggarakan mulai dari pukul 06.30 sampai dengan 7.40 dan dilakukan dilapangan sekolah. Para anggota OSIS dan Rohis tampak semangat membantu pelaksanaan kegiatan ini baik mulai dari persiapan hingga pasca kegiatan.

Dengan melakukan kegiatan pembiasaan ini, seluruh warga sekolah terutama peserta didik mendapatkan kesempatan untuk sholat sunnah berjamaah,mengikat ukhuwah islamiyah, membangun karakter islami, dan meningkatkan disiplin, ketertiban, keimanan dan ketakwaan.



Sementara itu, bagi peserta didik yang non muslim melalukan kegiatan kebaktian di kelas.


Monday, March 21, 2016

JADWAL UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN 2015/2016

JADWAL UJIAN SEKOLAH 2016

NO
HARI / TANGGAL
JAM
KE
WAKTU
MATA PELAJARAN
1
Senin,
28 – 03 - 2016

1
2


07.30-09.30
10.00-11.30


BAHASA INDONESIA
PENDIDIKAN AGAMA

2
Selasa
29 – 03 - 2016
1
2

07.30-09.30
10.00-11.30

MATEMATIKA
P Kn
3
Rabu
30 – 03 - 2016
1
2

07.30-09.30
10.00-11.30

BAHASA INGGRIS
I P S
4

Kamis,
31 – 03 - 2016
1
2

07.30-09.30
10.00-11.30

I P A
T I K
5
Jumat
1 – 04 - 2016
1
2

07.30-09.00
09.30-11.00

SENI BUDAYA DAN KESENIAN
P L K J

Sunday, March 20, 2016

SMP NEGERI 52 MENERIMA ANUGRAH SEBAGAI SEKOLAH BERINTEGRITAS TINGGI

MENDIKBUD-Anies Baswedan Mengajak Kepala Sekolah Menyampaikan Pesan Integritas ke Seluruh Tanah Air


Setiap tahun, ujian nasional (UN) digelar untuk mengukur ketercapaian hasil belajar di sekolah. Nilainya dipakai untuk pemetaan pendidikan di Tanah Air dan menjadi salah satu acuan perbaikan. Setiap tahun pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengukur indeks integrasi sekolah penyelenggara UN. Indeks ini mencerminkan tingkat kejujuran sekolah dan siswa saat ujian berlangsung.
Di penghujung tahun lalu, Kemdikbud mengeluarkan daftar 503 sekolah dengan indeks integritas UN tertinggi dan konsisten selama enam tahun. Para kepala sekolah dari 503 institusi jenjang SMP dan SMA sederajat itu pun diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Mendikbud Anies Baswedan dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu sekolah tersebut yang mendapat penghargaan sebagai sekolah yang berintegritas tinggi adalah SMP NEGERI 52 Jakarta.

Sebanyak 503 kepala sekolah/madrasah untuk jenjang SMP dan SMA sederajat menerima anugerah integritas Ujian Nasional (UN) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Ahad (20/12/2015) di Jakarta. Dengan mengambil tema “Prestasi Penting, Jujur Yang Utama”, acara pemberian anugerah ini akan berlangsung selama tiga hari,dari tanggal 20 sampai dengan 22 Desember 2015. Pada hari kedua, Senin (21/12/2015) kepala sekolah/madrasah tersebut akan diterima Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Selanjutnya, mereka akan diterima pimpinan baru KPK pada hari Selasa (22/12/2015) di kantor KPK.
Anies Bawesdan dalam sambutannya mengatakan melalui acara seperti ini diharapkan dapat memotivasi para kepala sekolah yang lain untuk meningkatkan integritas dalam pelaksanaan UN. Melalui acara ini, diharapkan juga terjadi perubahan pola pikir.
“Mulai sekarang, kita harus mengubah pola pikir dan cara pandang kita bahwa berprestasi saja tidak cukup, harus diikuti dengan integritas yang tinggi. Oleh karena itu yang mendapatkan anugerah adalah mereka yang memiliki integritas tinggi”, ucap Anies yang malam itu memakai baju batik lengan panjang.
Sampai saat ini, tambah Anies, kita sudah 70 tahun merdeka. Mereka yang menyusun dan merintis kemerdekaan Indonesia adalah kaum terdidik yang visioner dengan integritas yang tinggi. Mereka yang menyusun konstitusi, memiliki kesempatan untuk mengambil sebanyak-banyaknya kekayaan dari negeri ini. Tetapi mereka tidak melakukannya. Bahkan diantara mereka ada yang tinggal di daerah Menteng, tetapi harus meninggalkan Menteng karena tidak kuat bayar pajak.
Jadi negara Indonesia ini dibangun dengan konsep yang sangat modern. Berbeda dengan negara-negara lain yang membangun kemerdekaan dengan mengusir kolonialisme asing, namun tetap mempertahankan feodalisme lokal. Oleh karena itu, sekarang menjadi tanggungjawab kita untuk mengembalikan negeri ini kepada negeri yang berintegritas.
Anies juga menjanjikan mulai sekarang indeks integritas UN akan diumumkan ke publik. Sebab tuntutan untuk meningkatkan integritas bukan dari siapa-siapa, tetapi tapi dari seluruh pihak.
“Bagi alumni yang sekolahnya belum masuk ke dalam daftar 503 penerima anugerah integritas, tolong tanyakan dan minta supaya UN tahun 2016 bisa masuk ke dalam daftar penerima anugerah intigeritas”, pesan Anies yang langsung disambut dengan tepuk tangan peserta.
Pada akhir sambutannya, Anies mengajak para kepala sekolah/madarah penerima anugerah integritas untuk menyampaikan pesan pentingnya integritas dalam pelaksanaan UN ke seluruh tanah air.
“Mari kita sama-sama mengirimkan pesan ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan sungkan untuk menyampaikan pesan integritas ini. Tunjukan bahwa sekolah kita sekolah yang punya semangat untuk berintegritas, namun tetap berprestasi”, ungkapnya.

Metode analisis
Terkait dengan metode yang digunakan dalam melakukan anaisis indeks integritas, Anies dalam paparannya menjelaskan, ada dua jenis kecurangan, yaitu kecurangan individual dan kecurangan massal. Kecurangan individu dilakukan dengan melihat jawaban teman di dalam satu ruang. Kecurangan massal terjadi di ruangan dengan dibantu pihak lain, termasuk pengawas. Dari dua jenis kecurangan ini, yang sering terjadi adalah kecurangan massal.

Untuk melakukan analisis kecurangan, ada dua metode, yaitu pairwise dan metode kumulatif. Pada metode pertama, analisis dilakukan dengan membandingkan satu individu dengan indiviodu lainya. Pada metode kedua, analisis dilakkan dengan menganalisa keseragaman pola jawaban yang salam dalam satu sekolah. Kejujuran sulit diukur, tetapi kecurangan bisa diukur.
Hasil analisis dijadikan empat kuadran. Kuadran pertama adalah kelompok dengan indek integritas tinggi dan nilai UN tinggi. Kuadran kedua adalah kelompok dengan indeks integritas tinggi, tetapi nilai UN rendah. Kuadran ketiga adalah kelompok dengan indeks integritas rendah dan nilai UN tinggi. Terakhir, kuadran keempat adalah kelompok dengan indeks integritas rendah dan nilai UN rendah.
“Para kepala sekolah yang berada pada kuadran satu bisa merasa lega dan bersyukur, tetapi mereka yang berada pada kuadran empat, memiliki kewajiban menjelaskan kepada orang tua murid dan peserta didik”, ungkap Anies seraya menambahkan sekolah yang memiliki integritas tinggi lebih banyak dari sekolah swasta daripada sekolah negeri. (BS) “”
Tahun ini untuk pertama kalinya pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tidak hanya prestasi yang menjadi ukuran keberhasilan, tetapi juga nilai integritas yang diterapkan sekolah. Bahkan, pemerintah menilai sebaik apa sekolah mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian hingga berhasil lulus hingga melihat proses pelaksanaan UN itu sendiri, apakah dilaksakan dengan jujur atau curang demi mendongkrak nilai siswa.
Pemikiran ini mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memupuk dan menumbuhkan nilai integritas dalam diri siswa dan sekolah, terutama dalam pelaksanaan UN. Tahun ini, 503 kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia pun mendapat anugerah khusus dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) atas prestasi mereka dalam menjaga integritas sekolah. Tidak tanggung-tanggung, para kepala sekolah tersebut konsisten menegakkan indeks integritas pada pelaksanaan UN selama lima tahun terakhir.
"Apresiasi tinggi kepada Ibu Bapak Kepala Sekolah. Semoga pengakuan yang kami berikan kepada Bapak ibu menjadi semangat untuk semakin dalam menanamkan akar-akar integritas dalam sekolah yang Ibu Bapak pimpin," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, dalam rangkaian acara pemberian penghargaan bagi kepala sekolah berintegritas, tadi malam.
Sebelumnya ada sekira 80 ribu sekolah dan madrasah yang diseleksi. Anies juga mengajak para kepala sekolah agar tidak malu menunjukkan ketidaksukaannya pada tindakan curang.
"Tunjukkan bahwa pengkhianatan terhadap integritas tidaklah wajar dan tidaklah dapat dimaklumi, terlebih lagi bagi dunia pendidikan," ujarnya.
Integritas sendiri, kata Anies, merupakan dasar dari karakter moral. Sehingga ketika integritas tersebut goyah maka runtuhlah segala karakter moral lainnya.
"Menumbuhkan integritas sebagai prinsip yang kokoh dalam diri siswa sama halnya dengan memastikan masa depan Indonesia yang bersih di tangan calon pemimpin bangsa," tandasnya.

Upacara dengan Kanit Bintibmas Jakarta Timur, senin 21 Maret 2016

Sehubungan dengan tugas pelayanan dan bimbingan Bintibmas (Pembinaan Ketertiban Masyarakat), Polres Jakarta Timur malakukan serangkaian pembinaan kepada sekolah-sekolah di lingkungan Jatinegara. Syukur Alhamdulillah, SMP Negeri 52 mendapatkan kesempatan menerima kunjungan dari Kanit Bintibmas Polres Jakarta Timur-Ibu Wasiyem. Beliau bertindak sebagai Pembina Upacara pada hari Senin 21 Maret 2016 dalam amanatnya, Ibu Wasiyem membacakan pesan-pesan dari Kapolres Jakarta Timur. Secara garis besar amanat atau pesan-pesan tersebut memuat kewaspadaan masyarakat dan khususnya warga SMPN 52 agar terhindar dari kenakalan remaja, seperti tawuran, intimidasi,pelecehan, kebut-kebutan, serta bullying. Beliau juga menyampaikan bahaya aliran-aliran sesat yang berkedok kegiatan keagamaan dan bahaya Narkoba. 

Seluruh siswa dan guru sangat antusias dengan kehadiran Ibu Wasiyem yang didampingi dengan Aiptu Habib Winarno. setelah upacara Ibu wasiyem dan Bapak Habib Winarno menyempatkan diri beramah tamah dengan guru-guru SMPN 52. 


Tuesday, February 2, 2016

Hasil UCUN 1 Tapel 2015/2016

Hasil UCUN 1 Tapel 2015/2016





PANITIA UJICOBA UJIAN NASIONAL (UCUN) 

MGMP : B.IND, B.ING, MAT DAN IPA SMP PROVINSI DKI JAKARTA 

Sekertariat : SMPN 173 JL. ALUR LAUT NO.57 Telp. 430361 

ANALISIS HASIL UCUN TAHAP 1 SMP/MTs TAPEL 2015/2016 



Kode Sekolah              :  05005
Nama Sekolah             :  SMP NEGERI 52
Kecamatan                  :  JATINEGARA
Kota Administrasi      :   05 - JATINEGARA
Mata Pelajaran           :   Bahasa Inggris



NOMOR SOALKEMAMPUAN YG DIUJIPERSEN
5Menentukan informasi rinci dalam teks tentang produk tertentu33
36Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Report yang sama33
15Menentukan makna kata yang dikutip dari teks descriptive tentang orang yang dikagumi yang sama41
43Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata kerja (verb) yang tepat42
33Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Recount yang sama43
41Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata keterangan (adverb) yang tepat43
4Menentukan informasi rinci dalam teks teks pengumuman sama44
6Menentukan informasi tersirat dalam iklan teks yang sama45
42Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata sifat (adjective) yang tepat47
30Menentukan pikiran utama yang terdapat dalam teks Report yang sama48
17Menentukan rujukan kata dari salah satu kata yang terdapat dalam teks procedure yang sama53
40Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata benda (noun)54
39Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata sifat (adj)55
1Menentukan tujuan komunikasi teks Invitation tentang undangan pribadi59
31Menentukan gambaran umum teks Recount tentang pengalaman tak terlupakan tersebut dengan tepat62
20Menentukan pikiran utama salah satu paragraf dalam teks Recount yang sama65
14Menentukan pikiran utama paragraf tertentu dalam teks deskriptive tentang orang yang dikagumi yang sama66
22Menentukan informasi tersirat yang terdapat dalam teks Recount yang sama67
44Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata sifat (adjective) yang tepat67
35Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Report yang sama68
2Menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks undangan pribadi yang sama69
26Menentukan informasi tersirat dalam teks Narrative (fabel) yang sama69
25Menentukan rujukan kata yang terdapat dalam salah satu kalimat yang dikutip dari teks Narrative yang sama 70
9Menentukan tujuan komunikatif teks teks iklan yang sama73
34Menentukan gambaran umum teks teks Report yang sama74
47Menentukan susunan kata yang tepat dari sejumlah kata yang diacak (10-12 kata) dalam bentuk kalimat74
37Menentukan pikiran utama salah satu paragraf yang terdapat dalam teks Report yang sama75
21Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Recount yang sama76
29Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Report yang sama76
10Menentukan informasi tertentu dalam teks surat (letter) berisi pesan tertentu78
23Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Narrative (fabel)78
18Menentukan persamaan kata yang terdapat dalam salah satu kalimat yang dikutip dari teks procedure79
3Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks pengumuman80
11Menentukan informasi rinci dalam teks surat yang sama80
12Menentukan informasi tersirat dalam teks surat yang sama80
38Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata kerja (verb)80
46Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata penghubung (conjuction) yang tepat82
13Menentukan gambaran umum teks descriptive tentang orang yang dikagumi83
32Menentukan pikiran utama paragraf tertentu dalam teks Recount yang sama84
19Menentukan gambaran umum teks Recount tentang peristiwa yang mengesakan/lucu85
50Menentukan susunan sejumlah kalimat yang diacak (6-8 kalimat) kalimat dalam bentuk teks Recount87
16Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Procedure tentang manual mengoperasi88
7Menentukan tujuan komunikatif teks iklan yang sama89
8Menentukan informasi tertentu dalam teks iklan yang sama90
24Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Narrative (fabel)90
28Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Report yang sama90
45Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata keterangan (adverb) yang tepat90
48Menentukan susunan kata yang tepat dari sejumlah kata yang diacak (10-12 kata) dalam bentuk kalimat91
27Menentukan gambaran umum teks Report tentang reptil94
49Menentukan susunan kalimat yang tepat dari sejumpah kalimat yang diacak (6-8 kalimat), dalam bentuk paragraf97

Monday, February 1, 2016

Al I’tiraf (Sebuah Pengakuan)

Al I’tiraf (Sebuah Pengakuan)









Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi

Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim



Fa hablii taubatan waghfir zunuubii fa innaka ghaafirudzdzambil ‘azhiimi

Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar



Dzunuubii mitslu a’daadir rimaali fa hablii taubatan yaa dzaaljalaali

Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan



Wa ‘umrii naaqishun fii kulli yaumi wa dzambii zaa-idun kaifah timaali

Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya



Ilaahii ‘abdukal ‘aashii ataaka muqirran bidzdzunuubi wa qad da’aaka

Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu



Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlun wa in tathrud faman narjuu siwaaka

Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?