NO
|
HARI/TANGGAL
|
JAM
|
WAKTU
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
SENIN, 9
MEI 2016
|
07.30 - 09.30
|
120 MENIT
|
BAHASA INDONESIA
|
2
|
SELASA, 10
MEI 2016
|
07.30 - 09.30
|
120 MENIT
|
MATEMATIKA
|
3
|
RABU, 11
MEI 2016
|
07.30 - 09.30
|
120 MENIT
|
BAHASA INGGRIS
|
4
|
KAMIS, 20
MEI 2016
|
07.30 - 09.30
|
120 MENIT
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
|
Thursday, March 31, 2016
JADWAL UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN AJARAN 2015/2016
Wednesday, March 23, 2016
SHOLAT DHUHA BERJAMAAH
Mulai semester dua/genap, Januari tahun 2016, Kepala
SMPN 52 yang baru - Ibu Dra. Hj. Nailul Fauziyah M.Pd - memprogramkan Sholat Dhuha berjamaah dan. Program Kegiatan
pembiasaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keunggulan peserta didik dalam
keimanan dan ketakwaan sesuai dengan visi misi SMPN 52. Sasaran program ini
adalah seluruh Warga SMPN 52, baik mulai dari kelas 7,8,9 bahkan guru, TU dan
Karyawan. Kegiatan ini dicanangkan untuk diselenggarakan setiap minggu ke 1 dan
3. Program Kegiatan ini dimulai dengan acara tadarus kemudian zikir lalu puncaknya
adalah sholat dhuha, dan sekali waktu disisipkan ceramah singkat dari beberapa
undangan atau tamu.
Warga SMPN 52 tampak antusias dalam
melaksanakan kegiatan ini, pada awalnya kegiatan atau acara tadarus dan zikir
dibimbing oleh para guru. Namun seiring dengan perjalanan waktu kegiatan
tersebut sekarang sudah dapat dilakukan/dibawakan oleh peserta didik. Kegiatan
ini disengggarakan mulai dari pukul 06.30 sampai dengan 7.40 dan dilakukan
dilapangan sekolah. Para anggota OSIS dan Rohis tampak semangat membantu
pelaksanaan kegiatan ini baik mulai dari persiapan hingga pasca kegiatan.
Dengan melakukan kegiatan pembiasaan ini,
seluruh warga sekolah terutama peserta didik mendapatkan kesempatan untuk sholat
sunnah berjamaah,mengikat ukhuwah islamiyah, membangun karakter islami, dan
meningkatkan disiplin, ketertiban, keimanan dan ketakwaan.
Sementara itu, bagi peserta didik yang
non muslim melalukan kegiatan kebaktian di kelas.
Monday, March 21, 2016
JADWAL UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN 2015/2016
JADWAL UJIAN SEKOLAH 2016
NO
|
HARI / TANGGAL
|
JAM
KE
|
WAKTU
|
MATA PELAJARAN
|
1
|
Senin,
28 – 03 -
2016
|
1
2
|
07.30-09.30
10.00-11.30
|
BAHASA INDONESIA
PENDIDIKAN AGAMA
|
2
|
Selasa
29 – 03 -
2016
|
1
2
|
07.30-09.30
10.00-11.30
|
MATEMATIKA
P Kn
|
3
|
Rabu
30 – 03 -
2016
|
1
2
|
07.30-09.30
10.00-11.30
|
BAHASA
INGGRIS
I P S
|
4
|
Kamis,
31 – 03 -
2016
|
1
2
|
07.30-09.30
10.00-11.30
|
I P A
T I K
|
5
|
Jumat
1 – 04 -
2016
|
1
2
|
07.30-09.00
09.30-11.00
|
SENI BUDAYA DAN KESENIAN
P L K J
|
Sunday, March 20, 2016
SMP NEGERI 52 MENERIMA ANUGRAH SEBAGAI SEKOLAH BERINTEGRITAS TINGGI
MENDIKBUD-Anies Baswedan
Mengajak Kepala Sekolah Menyampaikan Pesan Integritas ke Seluruh Tanah Air

Setiap tahun, ujian nasional
(UN) digelar untuk mengukur ketercapaian hasil belajar di sekolah. Nilainya
dipakai untuk pemetaan pendidikan di Tanah Air dan menjadi salah satu acuan
perbaikan. Setiap tahun pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) mengukur indeks integrasi sekolah penyelenggara UN. Indeks ini
mencerminkan tingkat kejujuran sekolah dan siswa saat ujian berlangsung.
Di penghujung tahun lalu, Kemdikbud mengeluarkan daftar 503
sekolah dengan indeks integritas UN tertinggi dan konsisten selama enam tahun.
Para kepala sekolah dari 503 institusi jenjang SMP dan SMA sederajat itu pun
diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Mendikbud Anies Baswedan
dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu sekolah tersebut yang mendapat penghargaan sebagai sekolah yang berintegritas tinggi adalah SMP NEGERI 52 Jakarta.

Anies Bawesdan dalam
sambutannya mengatakan melalui acara seperti ini diharapkan dapat memotivasi
para kepala sekolah yang lain untuk meningkatkan integritas dalam pelaksanaan
UN. Melalui acara ini, diharapkan juga terjadi perubahan pola pikir.
“Mulai sekarang, kita
harus mengubah pola pikir dan cara pandang kita bahwa berprestasi saja tidak
cukup, harus diikuti dengan integritas yang tinggi. Oleh karena itu yang
mendapatkan anugerah adalah mereka yang memiliki integritas tinggi”, ucap Anies
yang malam itu memakai baju batik lengan panjang.
Sampai saat ini,
tambah Anies, kita sudah 70 tahun merdeka. Mereka yang menyusun dan merintis
kemerdekaan Indonesia adalah kaum terdidik yang visioner dengan integritas yang
tinggi. Mereka yang menyusun konstitusi, memiliki kesempatan untuk mengambil
sebanyak-banyaknya kekayaan dari negeri ini. Tetapi mereka tidak melakukannya.
Bahkan diantara mereka ada yang tinggal di daerah Menteng, tetapi harus
meninggalkan Menteng karena tidak kuat bayar pajak.
Jadi negara Indonesia
ini dibangun dengan konsep yang sangat modern. Berbeda dengan negara-negara
lain yang membangun kemerdekaan dengan mengusir kolonialisme asing, namun tetap
mempertahankan feodalisme lokal. Oleh karena itu, sekarang menjadi
tanggungjawab kita untuk mengembalikan negeri ini kepada negeri yang
berintegritas.
Anies juga menjanjikan
mulai sekarang indeks integritas UN akan diumumkan ke publik. Sebab tuntutan
untuk meningkatkan integritas bukan dari siapa-siapa, tetapi tapi dari seluruh
pihak.
“Bagi alumni yang
sekolahnya belum masuk ke dalam daftar 503 penerima anugerah integritas, tolong
tanyakan dan minta supaya UN tahun 2016 bisa masuk ke dalam daftar penerima
anugerah intigeritas”, pesan Anies yang langsung disambut dengan tepuk tangan
peserta.
Pada akhir
sambutannya, Anies mengajak para kepala sekolah/madarah penerima anugerah
integritas untuk menyampaikan pesan pentingnya integritas dalam pelaksanaan UN
ke seluruh tanah air.
“Mari kita sama-sama
mengirimkan pesan ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan sungkan untuk
menyampaikan pesan integritas ini. Tunjukan bahwa sekolah kita sekolah yang
punya semangat untuk berintegritas, namun tetap berprestasi”, ungkapnya.
Metode analisis
Terkait dengan metode
yang digunakan dalam melakukan anaisis indeks integritas, Anies dalam
paparannya menjelaskan, ada dua jenis kecurangan, yaitu kecurangan individual
dan kecurangan massal. Kecurangan individu dilakukan dengan melihat jawaban
teman di dalam satu ruang. Kecurangan massal terjadi di ruangan dengan dibantu
pihak lain, termasuk pengawas. Dari dua jenis kecurangan ini, yang sering
terjadi adalah kecurangan massal.


Untuk melakukan
analisis kecurangan, ada dua metode, yaitu pairwise dan metode kumulatif. Pada
metode pertama, analisis dilakukan dengan membandingkan satu individu dengan
indiviodu lainya. Pada metode kedua, analisis dilakkan dengan menganalisa
keseragaman pola jawaban yang salam dalam satu sekolah. Kejujuran sulit diukur,
tetapi kecurangan bisa diukur.
Hasil analisis
dijadikan empat kuadran. Kuadran pertama adalah kelompok dengan indek
integritas tinggi dan nilai UN tinggi. Kuadran kedua adalah kelompok dengan
indeks integritas tinggi, tetapi nilai UN rendah. Kuadran ketiga adalah
kelompok dengan indeks integritas rendah dan nilai UN tinggi. Terakhir, kuadran
keempat adalah kelompok dengan indeks integritas rendah dan nilai UN rendah.
“Para kepala sekolah
yang berada pada kuadran satu bisa merasa lega dan bersyukur, tetapi mereka
yang berada pada kuadran empat, memiliki kewajiban menjelaskan kepada orang tua
murid dan peserta didik”, ungkap Anies seraya menambahkan sekolah yang memiliki
integritas tinggi lebih banyak dari sekolah swasta daripada sekolah negeri.
(BS) “”
Tahun ini untuk pertama kalinya pada pelaksanaan Ujian Nasional
(UN) tidak hanya prestasi yang menjadi ukuran keberhasilan, tetapi juga nilai
integritas yang diterapkan sekolah. Bahkan, pemerintah menilai sebaik apa
sekolah mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian hingga berhasil
lulus hingga melihat proses pelaksanaan UN itu sendiri, apakah dilaksakan
dengan jujur atau curang demi mendongkrak nilai siswa.
Pemikiran ini mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) memupuk dan menumbuhkan nilai integritas dalam diri siswa dan
sekolah, terutama dalam pelaksanaan UN. Tahun ini, 503 kepala sekolah dari
berbagai daerah di Indonesia pun mendapat anugerah khusus dari Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) atas prestasi mereka dalam menjaga
integritas sekolah. Tidak tanggung-tanggung, para kepala sekolah tersebut
konsisten menegakkan indeks integritas pada pelaksanaan UN selama lima tahun
terakhir.
"Apresiasi tinggi kepada Ibu Bapak Kepala Sekolah. Semoga
pengakuan yang kami berikan kepada Bapak ibu menjadi semangat untuk semakin
dalam menanamkan akar-akar integritas dalam sekolah yang Ibu Bapak
pimpin," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam
keterangan tertulis yang diterima Okezone, dalam rangkaian acara pemberian
penghargaan bagi kepala sekolah berintegritas, tadi malam.
Sebelumnya ada sekira 80 ribu sekolah dan madrasah yang diseleksi.
Anies juga mengajak para kepala sekolah agar tidak malu menunjukkan
ketidaksukaannya pada tindakan curang.
"Tunjukkan bahwa pengkhianatan terhadap integritas tidaklah
wajar dan tidaklah dapat dimaklumi, terlebih lagi bagi dunia pendidikan,"
ujarnya.
Integritas sendiri, kata Anies, merupakan dasar dari karakter
moral. Sehingga ketika integritas tersebut goyah maka runtuhlah segala karakter
moral lainnya.
"Menumbuhkan integritas sebagai prinsip yang kokoh dalam diri
siswa sama halnya dengan memastikan masa depan Indonesia yang bersih di tangan
calon pemimpin bangsa," tandasnya.Upacara dengan Kanit Bintibmas Jakarta Timur, senin 21 Maret 2016
Sehubungan dengan tugas pelayanan dan bimbingan Bintibmas (Pembinaan Ketertiban Masyarakat), Polres Jakarta Timur malakukan serangkaian pembinaan kepada sekolah-sekolah di lingkungan Jatinegara. Syukur Alhamdulillah, SMP Negeri 52 mendapatkan kesempatan menerima kunjungan dari Kanit Bintibmas Polres Jakarta Timur-Ibu Wasiyem. Beliau bertindak sebagai Pembina Upacara pada hari Senin 21 Maret 2016 dalam amanatnya, Ibu Wasiyem membacakan pesan-pesan dari Kapolres Jakarta Timur. Secara garis besar amanat atau pesan-pesan tersebut memuat kewaspadaan masyarakat dan khususnya warga SMPN 52 agar terhindar dari kenakalan remaja, seperti tawuran, intimidasi,pelecehan, kebut-kebutan, serta bullying. Beliau juga menyampaikan bahaya aliran-aliran sesat yang berkedok kegiatan keagamaan dan bahaya Narkoba.
Seluruh siswa dan guru sangat antusias dengan kehadiran Ibu Wasiyem yang didampingi dengan Aiptu Habib Winarno. setelah upacara Ibu wasiyem dan Bapak Habib Winarno menyempatkan diri beramah tamah dengan guru-guru SMPN 52.
Tuesday, February 2, 2016
Hasil UCUN 1 Tapel 2015/2016
Hasil UCUN 1 Tapel 2015/2016
PANITIA UJICOBA UJIAN NASIONAL (UCUN)
MGMP : B.IND, B.ING, MAT DAN IPA SMP PROVINSI DKI JAKARTA
Sekertariat : SMPN 173 JL. ALUR LAUT NO.57 Telp. 430361
ANALISIS HASIL UCUN TAHAP 1 SMP/MTs TAPEL 2015/2016
Kode Sekolah : 05005
Nama Sekolah : SMP NEGERI 52
Kecamatan : JATINEGARA
Kota Administrasi : 05 - JATINEGARA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
NOMOR SOAL | KEMAMPUAN YG DIUJI | PERSEN |
---|---|---|
5 | Menentukan informasi rinci dalam teks tentang produk tertentu | 33 |
36 | Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Report yang sama | 33 |
15 | Menentukan makna kata yang dikutip dari teks descriptive tentang orang yang dikagumi yang sama | 41 |
43 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata kerja (verb) yang tepat | 42 |
33 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Recount yang sama | 43 |
41 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata keterangan (adverb) yang tepat | 43 |
4 | Menentukan informasi rinci dalam teks teks pengumuman sama | 44 |
6 | Menentukan informasi tersirat dalam iklan teks yang sama | 45 |
42 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Recount dengan kata sifat (adjective) yang tepat | 47 |
30 | Menentukan pikiran utama yang terdapat dalam teks Report yang sama | 48 |
17 | Menentukan rujukan kata dari salah satu kata yang terdapat dalam teks procedure yang sama | 53 |
40 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata benda (noun) | 54 |
39 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata sifat (adj) | 55 |
1 | Menentukan tujuan komunikasi teks Invitation tentang undangan pribadi | 59 |
31 | Menentukan gambaran umum teks Recount tentang pengalaman tak terlupakan tersebut dengan tepat | 62 |
20 | Menentukan pikiran utama salah satu paragraf dalam teks Recount yang sama | 65 |
14 | Menentukan pikiran utama paragraf tertentu dalam teks deskriptive tentang orang yang dikagumi yang sama | 66 |
22 | Menentukan informasi tersirat yang terdapat dalam teks Recount yang sama | 67 |
44 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata sifat (adjective) yang tepat | 67 |
35 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Report yang sama | 68 |
2 | Menentukan makna kata tertentu yang terdapat dalam teks undangan pribadi yang sama | 69 |
26 | Menentukan informasi tersirat dalam teks Narrative (fabel) yang sama | 69 |
25 | Menentukan rujukan kata yang terdapat dalam salah satu kalimat yang dikutip dari teks Narrative yang sama | 70 |
9 | Menentukan tujuan komunikatif teks teks iklan yang sama | 73 |
34 | Menentukan gambaran umum teks teks Report yang sama | 74 |
47 | Menentukan susunan kata yang tepat dari sejumlah kata yang diacak (10-12 kata) dalam bentuk kalimat | 74 |
37 | Menentukan pikiran utama salah satu paragraf yang terdapat dalam teks Report yang sama | 75 |
21 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Recount yang sama | 76 |
29 | Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Report yang sama | 76 |
10 | Menentukan informasi tertentu dalam teks surat (letter) berisi pesan tertentu | 78 |
23 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Narrative (fabel) | 78 |
18 | Menentukan persamaan kata yang terdapat dalam salah satu kalimat yang dikutip dari teks procedure | 79 |
3 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks pengumuman | 80 |
11 | Menentukan informasi rinci dalam teks surat yang sama | 80 |
12 | Menentukan informasi tersirat dalam teks surat yang sama | 80 |
38 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Procedure tentang resep makanan dengan kata kerja (verb) | 80 |
46 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata penghubung (conjuction) yang tepat | 82 |
13 | Menentukan gambaran umum teks descriptive tentang orang yang dikagumi | 83 |
32 | Menentukan pikiran utama paragraf tertentu dalam teks Recount yang sama | 84 |
19 | Menentukan gambaran umum teks Recount tentang peristiwa yang mengesakan/lucu | 85 |
50 | Menentukan susunan sejumlah kalimat yang diacak (6-8 kalimat) kalimat dalam bentuk teks Recount | 87 |
16 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Procedure tentang manual mengoperasi | 88 |
7 | Menentukan tujuan komunikatif teks iklan yang sama | 89 |
8 | Menentukan informasi tertentu dalam teks iklan yang sama | 90 |
24 | Menentukan informasi rinci yang terdapat dalam teks Narrative (fabel) | 90 |
28 | Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks Report yang sama | 90 |
45 | Melengkapi salah satu rumpang yang terdapat dalam teks Descriptive dengan kata keterangan (adverb) yang tepat | 90 |
48 | Menentukan susunan kata yang tepat dari sejumlah kata yang diacak (10-12 kata) dalam bentuk kalimat | 91 |
27 | Menentukan gambaran umum teks Report tentang reptil | 94 |
49 | Menentukan susunan kalimat yang tepat dari sejumpah kalimat yang diacak (6-8 kalimat), dalam bentuk paragraf | 97 |
Monday, February 1, 2016
Al I’tiraf (Sebuah Pengakuan)
Al I’tiraf (Sebuah Pengakuan)
Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan wa laa aqwaa ‘alaa naaril jahiimi
Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka Jahim
Fa hablii taubatan waghfir zunuubii fa innaka ghaafirudzdzambil ‘azhiimi
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar
Dzunuubii mitslu a’daadir rimaali fa hablii taubatan yaa dzaaljalaali
Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan
Wa ‘umrii naaqishun fii kulli yaumi wa dzambii zaa-idun kaifah timaali
Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya
Ilaahii ‘abdukal ‘aashii ataaka muqirran bidzdzunuubi wa qad da’aaka
Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu
Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlun wa in tathrud faman narjuu siwaaka
Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?
Subscribe to:
Posts (Atom)