Ayah dari 2 orang anak yang telah mengajar di SMPN 52 semenjak tahun 1991 ini biasa di sapa dengan sebutan pak Darminto. Kegemarannya berolahraga, menyanyi, mengaji dan berkebun membuat fisiknya terlihat sehat, segar dan awet muda. Eksistensi beliau di dalam kelas sering di nanti nantikan peserta didik karena ketrampilannya dalam menyelipkan joke di dalam kelas ketika menyajikan materi pelajaran IPA. Celoteh celotehan beliau mampu menyegarkan fikiran dan mengusir kepenatan peserta didik dalam menyerap dan mencerna materi pelajaran yang lumayan menantang. Satu hal yang membuat guru Fisika ini sering diingat peserta didik yaitu beliau adalah salah satu dari sekian guru yang sering mengingatkan peserta didik untuk memperhatikan kerapihan berpakaian dan shalat di awal waktu.
Thursday, August 28, 2014
wakasek
Ayah dari 2 orang anak yang telah mengajar di SMPN 52 semenjak tahun 1991 ini biasa di sapa dengan sebutan pak Darminto. Kegemarannya berolahraga, menyanyi, mengaji dan berkebun membuat fisiknya terlihat sehat, segar dan awet muda. Eksistensi beliau di dalam kelas sering di nanti nantikan peserta didik karena ketrampilannya dalam menyelipkan joke di dalam kelas ketika menyajikan materi pelajaran IPA. Celoteh celotehan beliau mampu menyegarkan fikiran dan mengusir kepenatan peserta didik dalam menyerap dan mencerna materi pelajaran yang lumayan menantang. Satu hal yang membuat guru Fisika ini sering diingat peserta didik yaitu beliau adalah salah satu dari sekian guru yang sering mengingatkan peserta didik untuk memperhatikan kerapihan berpakaian dan shalat di awal waktu.
Ronaldi
Karena mengajar bahasa Inggris & sering melatih peserta didik untuk berbicara bahasa Inggris maka ia sering di sapa dengan sebutan mr.Ronaldi. Kegemarannya dalam menulis, menyanyi, bermain musik, membaca, berpetualang di alam bebas dan dunia maya membuatnya sangat menyukai & menekuni dunia pendidikan. Seorang ayah dari 1 anak ini adalah guru bahasa Inggris kelas IX, wali kelas IX-E, pembina Osis dan juga pembina paduan suara. Walaupun mengajar pelajaran bahasa Inggris, guru yang hari kelahirannya bertepatan dengan hari kemerdekaan ini sangat sering mengajarkan lagu lagu yang memiliki semangat patriotisme yang tinggi dalam kegiatan pembinaan Osis di sekolah. Guru yang telah mengajar semenjak tahun 2002 ini percaya bahwa menyanyikan lagu lagu yang patriotis akan meningkatkan semangat nasionalisme & kecintaan tanah air.
52 Choir
Paduan Suara SMPN 52
Tujuan:
Kegiatan ekstra kurikuler paduan suara SMPN 52 bertujuan untuk :
1. Menyanyikan lagu lagu wajib nasional pada setiap upacara hari Senin & hari hari besar nasional.
2. Mempersiapkan peserta didik SMPN 52 untuk mengikuti lomba FLS2N yang diadakan setiap tahun.
3. Mengembangkan minat, bakat dan kreativitas dalam bidang seni suara & menyanyi.
4. Mengembangkan apresiasi peserta didik dalam dunia seni musik.
5. Memupuk jiwa dan semangat nasionalisme.
Prestasi:
- Kegiatan ekskul yang dibina oleh mr.Ronaldi & ibu Wajiamti ini mulai eksis dan menunjukan prestasinya semenjak tahun tahun 2006 pada lomba FL2SN se kecamatan. Ananta Rangkugo, Yoris, Hanny Vebriany Safitri, Boby, Indra berhasil memborong semua jenis yang di lombakan - solo vokal, vokal group. Lagu wajib yang dinyanyikan pada waktu adalah Marilah kemari yang di ciptakan oleh Titik Puspa & Gebyar gebyar (Gombloh)
- Pada tahun 2008, Boby, Dio, Alvin, Rania dkk kembali meraih juara vocal Group untuk tingkat DKI. Lagu wajib yang di nyanyikan adalah Manuk Dadali (Sambas) & Tapal Batas Bekasi (Ismail Marzuki).
- Pada tahun 2009 dalam acara lomba Pentas Seni se kotamadya Jakarta Timur yang di adakan di Taman Mini Square. Criselda, Hanny, Suci Wulandari berhasil keluar sebagai juara Harapan 1 tingkat kotamadya setelah mengikuti latihan yang intensif oleh di gembleng oleh kak Fery Gustian. Lagu wajib yang di nyanyikan pada waktu itu adalah Pantang Mundur (Titik Puspa) & Dwi Warna.
- Pada tahun 2012 dalam acara lomba Pentas Seni se kotamadya Jakarta Timur yang di adakan di gedung BKOW Dharma Wanita. Naomi Sarah, Zebi, Lia, Sava, dkk berhasil meraih juara harapan 1. Lagu wajib yang di nyanyikan adalah Tanah Air (Iskak) & Surilang.
- Pada bulan April 2013, vocal group yang kali ini di wakili oleh Lubna Nabila, Arieta, Mulya Sara, Demarsya, dkk berhasil meraih juara III & juara 2 solo vocal. Lagu wajib yang dinyanyikan adalah Burung Camar (Vina Panduwinata).
Kendatipun mengalami pasang surut jumlah anggota, 52 choir masih tetap eksis hingga kini & masih berlatih setiap hari Selasa di ruang keterampilan ba'da shalat Zhuhur & istirahat makan siang. Siapa lagi yang mau ikut latihan paduan suara? Ikutan latihan nyanyi bareng 52 Choir yuk!
Hymne Guru
Hymne Guru
Hymne guru adalah salah satu lagu wajib nasional yang selalu dinyanyikan hari guru pada tanggal 25 November & perpisahan sekolah. Dalam setiap acara perpisahan sekolah di SMPN 52 kidung pujian untuk guru ini biasanya di medley dengan lagu Auld Lang Syne sambil bersalam salaman antara peserta didik yang akan tamat dengan guru SMPN 52. Bagi yang merasa punya pengalaman dan perasaan yang mendalam terhadap SMPN 52 dan teman teman biasanya mereka akan menangis terharu karena sebentar lagi akan berpisah dengan guru & teman teman semasa SMP. Bagaimana sih notasi lagunya sampai bisa membuat orang jadi nangis terisak isak? Yuk kita baca baik baik notasi lagu ini.
Monday, August 18, 2014
Juara Lomba Pensi 2014
Juara Lomba Pensi 2014
Pensi yang di adakan pada hari Sabtu, 16 Agustus 2014 kali ini bertemakan "dengan Pensi kita tingkatkan apresiasi pejuang kemerdekaan" Tema itu sengaja di angkat karena nyaris bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan negara kita tercinta. Kegiatan penampilan minat bakat dan seni ini diadakan setiap tahun bertujuan untuk :
1. Menyalurkan kreativitas peserta didik SMPN 52
2. Menampilkan atraksi masing masing setiap kegiatan ekstra kurikuler.
3. Mempersiapkan duta sekolah untuk lomba O2SN & FL2SN.
4. Menjaring peserta didik baru untuk ikut aktif dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan minat dan bakat masing masing.
5. Meningkatkan prestasi di bidang akademik dan non akademik.
1 minggu menjelang acara Pensi, para peserta didik mengikuti berbagai jenis acara lomba seperti lomba Seni Lukis, kaligrafi, storytelling, baca puisi, koran dinding, pidato, Catur, lari putra, lari putri, tolak peluru, solo vokal, adzan, MTQ Putra, MTQ Putri, lompat jauh putra, lompat jauh putri, design batik, cerdas cermat, kebersihan kelas. Nama nama pemenang dalam acara lomba tersebut adalah sebagai berikut:
No | Jenis Lomba | Juara | Nama Lengkap | Kelas |
---|---|---|---|---|
1 | Lomba Seni Lukis | 1 | Sophia Noer Annisa | IX-C |
2 | Lomba Seni Lukis | 2 | Farah Ainan | VII-F |
3 | Lomba Seni Lukis | 3 | Arhaisya A | IX-F |
4 | Lomba kaligrafi | 1 | Adinda Zahrah | IX-F |
5 | Lomba kaligrafi | 2 | Alissa Rahma | IX-B |
6 | Lomba kaligrafi | 3 | Dhia Ramalah | VII-A |
7 | Lomba Storytelling | 1 | Ayun Amriti | IX-A |
8 | Lomba Storytelling | 2 | Aulia Maharani | IX-E |
9 | Lomba Storytelling | 3 | Adinda Zahrah | IX-F |
10 | Lomba Baca Puisi | 1 | Annisa Putri G.C | IX-F |
11 | Lomba Baca Puisi | 2 | Dwitya Rizki F | IX-C |
12 | Lomba Baca Puisi | 3 | Nabila Haqqiyatul I | IX-A |
13 | Lomba Koran dinding | 1 | IX-A | |
14 | Lomba Koran dinding | 2 | IX-C | |
15 | Lomba Koran dinding | 3 | IX-B | |
16 | Lomba Pidato | 1 | Dwitya Rizki F | IX-C |
17 | Lomba Pidato | 2 | Rifdah Achmad | IX-B |
18 | Lomba Pidato | 3 | Fikri Ihza Syahputra | IX-E |
19 | Pertandingan Catur | 1 | Iskandar Salim | IX-A |
20 | Pertandingan Catur | 2 | M. Rais Fathurrahman | IX-E |
21 | Pertandingan Catur | 3 | Ridho Arta Nugraha | VII-A |
22 | Lomba lari putra | 1 | Surya Candra | IX-B |
23 | Lomba lari putra | 2 | Ahmad Kosasih | VIII-D |
24 | Lomba lari putra | 3 | Ilham Nugroho | IX-B |
25 | Lomba lari putri | 1 | Mustika Maulidina | IX-C |
26 | Lomba lari putri | 2 | Hanny Arifiani | IX-E |
27 | Lomba lari putri | 3 | Chintya Putri W | IX-F |
28 | Lomba tolak peluru | 1 | Hadi Saputra | IX-E |
29 | Lomba tolak peluru | 2 | Naufal Rafli | IX-A |
30 | Lomba tolak peluru | 3 | M Agung Prakoso | IX-E |
31 | Lomba Solo vokal | 1 | Nayla Zilqa Hutani | VII-A |
32 | Lomba Solo vokal | 2 | Nadhira Rizky A C | IX-C |
33 | Lomba Solo vokal | 3 | Lubna Nabila | VIII-E |
34 | Lomba Adzan | 1 | Rafli Azriel | VII-D |
35 | Lomba Adzan | 2 | Raihan Umar A | IX-B |
36 | Lomba Adzan | 3 | Gusti Wiradinata | IX-F |
37 | Lomba MTQ Putra | 1 | Raihan Umar A | IX-B |
38 | Lomba MTQ Putra | 2 | M Ramadhan | VIII-E |
39 | Lomba MTQ Putra | 3 | Rizky Dafari P | IX-D |
40 | Lomba MTQ Putri | 1 | Sofiyah Fitriani M | VII-B |
41 | Lomba MTQ Putri | 2 | Tsalits Shabrina C | VII-B |
42 | Lomba MTQ Putri | 3 | Wafa Salim | VII-B |
43 | Lomba lompat jauh putra | 1 | Ahmad Kosasih | VIII-D |
44 | Lomba lompat jauh putra | 2 | Ilham Nugroho | IX-B |
45 | Lomba lompat jauh putra | 3 | Surya Candra | IX-B |
46 | Lomba lompat jauh putri | 1 | Hanny Arifiani | VIII-F |
47 | Lomba lompat jauh putri | 2 | Ayu Riskia A | VIII-C |
48 | Lomba lompat jauh putri | 3 | Arifa Madania | IX-F |
49 | Lomba design batik | 1 | Alissa Rahma | IX-B |
50 | Lomba design batik | 2 | Adinda Zahrah | IX-F |
51 | Lomba design batik | 3 | Aura Fathia | IX-E |
52 | Lomba cerdas cermat | 1 | VIII-E | |
53 | Lomba cerdas cermat | 2 | IX-E | |
54 | Lomba cerdas cermat | 3 | VII-E | |
55 | Lomba kebersihan kelas | 1 | IX-C | |
56 | Lomba kebersihan kelas | 2 | IX-F | |
57 | Lomba kebersihan kelas | 3 | IX-D |
Para pemenang lomba Pensi ini kelak akan mewakili SMPN 52 dalam lomba FL2SN & O2SN.
Monday, October 14, 2013
Dasar Dasar Pengetahuan
DASAR DASAR PENGETAHUAN
Oleh : Jujun S. Suriasumantri
2. Penalaran
Menurut Andi Hakim Nasoetion, dalam sebuah ceramahnya di depan layar televisi, sekiranya binatang mempunyai kemampuan menalar, maka bukan harimau Jawa yang sekarang ini akan di lestarikan supaya jangan punah, melainkan manusia Jawa. Usaha pelestarian itu dipimpin oleh Menteri PPLH (Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup) yang bukan bernama Emil Salim melainkan seekor harimau yang bergelar professor. Dengan cakarnya, dengan taringnya, dengan kekuatannya, demikian kira kira ujar ilmuwan yang penuh humor ni,” harimau adalah jelas bukan tandingan manusia.”
Kemampuan menalar ini menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuan yang merupakan rahasia kekuasaan kekuasaannya. Secara simbolik manusia memakan buah pengetahuan lewat Adam dan Hawa dan setelah itu manusia harus hidup berbekal pengetahuan ini. Dia mengetahui man yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk, serta mana yang indah dan mana yang jelek. Secara terus menerus dia dipaksa harus mengambil pilihan: mana jalan yang benar mana jalan yang salah, mana tindakan yang baik mana tindakan yang buruk, dana apa yang indah dan apa yang jelek. Dalam melakukan pilihan ini manusia berpaling kepada pengetahuan. 1)
Manusia adalah satu satunya makhluk yang mengembangkan pengetahuan ini secara sungguh sungguh. Binatang juga mempunyai pengetahuan ini secara sungguh sungguh. Binatang juga mempunyai pengetahuan, namun pengetahuan ini terbatas untuk kelangsungan hidupnya (survival). Seekor kera tahu mana buah jambu yang enak. Seorang anak tikus tahu mana kucing yang ganas. Anak tikus ini tentu saja di ajari induknya untuk sampai pada pengetahuan bahwa kucing itu berbahaya. Tetapi juga dalam hal ini, berbeda dengan tujuan pendidikan manusia, anak tikus hanya di ajari hal hal yang menyangkut kelangsungan hidupnya.
Manusia mengembangkan pengetahuannya mengatasi kebutuhan kelangsungan hidup ini. Dia memikirkan hal hal baru, menjelajah ufuk baru, karena dia hidup bukan sekedar untuk kelangsungan hidup, namun lebih dari itu. Manusia mengembangkan kebudayaan; manusia memberi makna pada kehidupan; manusia “memanusiakan” diri dalam hidupnya; dan masih banyak lagi pernyataan semacam ini: semua itu pada hakikatnya menyimpulkan bahwa manusia itu dalam hidupnya mempunyai tujuan tertentu yang lebih tinggi dari sekedar kelangsungan hidupnya. Inilah yang menyebabkan manusia mengembangkan pengetahuannya; dan pengetahuan ini jugalah yang mendorong manusia menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini.
Pengetahuan ini mampu di kembangkan manusia di sebabkan dua hal utama yakni, pertama, manusia mempunyai bahasa yang mampu mengkomunikasikan informasi dan jalan fikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut. Seekor beruk bisa saja memberikan informasi kepada kelompoknya bahwa ada segerombolan gorilla datang menyerang; namun bagaimana berkembang bahasanya, dia tidak mampu mengkomunikasikan kepada beruk beruk lainnya, jalan fikiran yang analitis mengenai gejala tersebut. Tak ada seekor anjingpun, kata Bertrand Rusell, yang berkata kepada temannya, “ayahku miskin namun jujur.” Kalimat ini berasal dari drama Shakespeare yang terkenal. Dan tak ada seekor anjingpun, sambung Adam Smith yang secara sadar tukar-menukar tulang dengan temannya. Adam Smith dalam hal ini berbicara tentang prinsip ekonomi, yakni proses pertukaran yang dilakukan Homo Oeconomicus yang mengembangkan pengetahuan berupa ilmu ekonomi.
Sebab kedua, yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuannya dengan cepat dan mantap, adalah kemampuan berfikir menurut suatu alur kerangka berfikir tertentu. Secara garis besar cara berfikir seperti ini disebut penalaran. Binatang mampu berfikir namun tidak mampu berfikir nalar. Perbedaan utama antara seorang professor nuklir dengan anak kecil yang membangun bom atom dari pasir di-playgroup-nya tempat dia melakukan riset terletak pada kemampuannya dalam menalar. Instink binatang jauh lebih peka dari instink seorang insinyur geologi; mereka sudah jauh jauh berlindung ke tempat yang aman sebelum gunung meletus. Namun binatang tak bisa menalar tentang gejala tersebut: mengapa gunung meletus, faktor apa yang menyebabkannya, apa yang dapat di lakukan untuk mencegah semua itu terjadi.
Dua kelebihan inilah yang memungkinkah manusia mengembangkan pengetahuannya yakni bahasa yang bersifat komunikatif dan pikiran yang mampu menalarr. Sudah barang tentu semua pengetahuan tidak berasal dari proses penalaran: sebab berpikir pun tidak semuanya berdasarkan penalaran. Manusia bukan semata-mata makluk berpikir: sekedar homo sapien yang steril. Manusia adalah makluk yang berpikir, merasa, mengindera, dan totalitas pengetahuannya berasal dari ketiga sumber tersebut, disamping wahyu: yang merupakan komunikasi Sang Pencipta dengan makluknya.
"Memang penalaran otak orang luar biasa,” simpul cendikiawan Bos Bubalus membacakan makalahnya (di klinik Fakultas Kedokteran Hewan, Jalan Taman Kencana, Bogor), meskipun penelitian kami menunjukkan, bahwa secara kimia dan fisika, otak kerbau mirip otak manusia..........”2)
Jadi otak Taufiq Ismail yang pernah menghuni Taman Kencana, Bogor enak juga di goreng juga kalau begitu.
Hakikat Penalaran
Penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam menarik sesuatu kesimpulan berupa pengetahuan. Manusia pada hakikatnya merupakan mahluk yang berpikir, merasa, bersikap, dan bertindak. Sikap dan tindakan yang bersumber pada pengetahuan yang didapatkan lewat kegiatan merasa atau berpikir. Penalaran menghasilkan pengetahuan yang dikaitkan dengan kegiatan berpikir dan bukan dengan perasaan, meskipun demikian patut kita sadari bahwa tidak semua kegiatan berfikir menyandarkan pada penalaran. Jadi penalaran merupakan kegiatan berpikir yang mempunyai karakteristik tertentu dalam menemukan kebenaran.
Berpikir merupakan suatu kegiatan untuk menemukan pengetahuan yang benar. Apa yang disebut benar bagi tiap orang adalah tidak sama maka oleh sebab itu kegiatan proses berpikir untuk menghasilkan pengetahuan yang benar itupun juga berbeda-beda. Dapat dikatakan bahwa tiap jalan pikiran mempunyai apa yang disebut sebagai kriteria kebenaran, dan kriteria kebenaran ini merupakan landasan bagi proses kebenaran tersebut. Penalaran merupakan suatu proses penemuan kebenaran di mana tiap-tiap jenis penalaran mempunyai kriteria kebenaran masing-masing.
Sebagai suatu kegiatan berpikir maka penalaran mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri yang pertama ialah adanya suatu pola berpikir yang secara luas dapat disebut logika. Dalam hal ini maka dapat kita katakan bahwa tiap bentuk penalaran mempunyai logika tersendiri. Atau dapat juga disimpulkan bahwa kegiatan penalaran merupakan suatu kegiatan berpikir logis, dimana berpikir logis di sini harus diartikan sebagai kegiatan berpikir menurut suatu pola tertentu atau dengan perkataan lain, menurut logika tertentu. Hal ini patut kita sadari bahwa berpikir logis itu mempunyai konotasi yang bersifat jamak (plural) dan bukan tunggal (singular). Suatu kegiatan berpikir bisa disebut logis ditinjau dari suatu logika tertentu, dan mungkin tidak logis bila ditinjau dari sudut logika yang lain. Hal ini sering menimbulkan gejala apa yang dapat kita sebut sebagai kekacauan penalaran yang di sebabkan oleh tidak konsistennya kita dalam mempergunakan pola berpikir tertentu.
Ciri yang kedua dari penalaran adalah sifat analitik dari proses berpikirnya. Penalaran merupakan suatu kegiatan berpikir yang menyandarkan diri kepada suatu analisis dan kerangka berpikir yang dipergunakan untuk analisis tersebut adalah logika penalaran yang bersangkutan. Artinya penalaran ilmiah merupakan kegiatan analisis yang mempergunakan logika ilmiah, dan demikian juga penalaran lainnya yang mempergunakan logikanya tersendiri pula. Sifat analitik ini, kalau kita kaji lebih jauh, merupakan konsekuensi dari suatu pola berpikir tertentu. Tanpa adanya pola berpikir tersebut maka tidak akan ada kegiatan analisis, sebab analisis pada hakikatnya merupakan suatu kegiatan berpikir berdasarkan langkah langkah tertentu.
Seperti kita sebutkan terdahulu tidak semua kegiatan berpikir mendasarkan pada penalaran. Berdasarkan kriteria penalaran tersebut di atas maka dapat kita katakan bahwa tidak semua kegiatan berpikir bersifat logis dan analitis. Atau lebih jauh dapat kita simpulkan: cara berpikir yang tidak termasuk ke dalam penalaran bersifat tidak logis dan tidak analitik. Dengan demikian maka kita dapat membedakan secara garis besar ciri- ciri berpikir menurut penalaran dan berpikir yang bukan berdasarkan penalaran.
Perasaan merupakan suatu penarikan kesimpulan yang tidak berdasarkan penalaran. Kegiatan berpikir juga ada yang tidak berdasarkan penalaran umpamanya adalah intuisi. Ituisi merupakan suatu kegiatan berpikir yang nonanalitik yang tidak mendasarkan diri kepada suatu pola berpikir tertentu. Berpikir intuitif ini memegang peranan yang penting dalam masyarakat yang berpikir nonanalitik, yang kemudian sering bergalau dengan perasaan. Jadi secara luas dapat kita katakan bahwa cara berpikir masyarakat dapat di kategorikan kepada cara berpikir analitik yang berupa penalaran dan cara berpikir yang nonanalitik yang berupa intuisi dan perasaan.
Di samping itu masih terdapat bentuk lain dalam usaha manusia untuk mendapatkan pengetahuan yakni wahyu. Di tinjau dari hakikat usahanya, maka dalam rangka menemukan kebenaran, kita dapat bedakan dua jenis pengetahuan. Yang pertama adalah pengetahuan yang di dapatkan sebagai hasil usaha yang aktif dari manusia untuk menemukan kebenaran, baik melalui penalaran maupun lewat kegiatan lain seperti perasaan dan intuisi. Di pihak lain terdapat bentuk pengetahuan yang kedua, yang bukan merupakan kebenaran yang di dapat sebagai hasil usaha aktif manusia. Dalam hal ini maka pengetahuan yang di dapat itu bukan berupa kesimpulan sebagai produk dari usaha aktif manusia dalam menemukan kebenaran, melainkan berupa pengetahuan yang ditawarkan atau diberikan umpamanya wahyu yang diberikan tuhan lewat malaikat malaikat dan nabi nabinya. Manusia dalam menemukan kebenaran ini bersifat pasif sebagai penerima pemberitaan tersebut, yang kemudian di percaya atau tidak dipercaya, berdasarkan masing masing keyakinannya.
Pengetahuan juga dapat kita tinjau dari sumber yang memberikan pengetahuan tersebut. Dalam hal wahyu dan intuisi, maka secara implisit kita mengakui bahwa wahyu (atau dalam hal ini Tuhan yang menyampaikan wahyu) dan intuisi adalah sumber pengetahuan. Dengan wahyu maka kita mendapatkan pengetahuan lewat keyakinan (kepercayaan) bahwa yang di wahyukan itu adalah benar demikian juga dengan intuisi, dimana kita percaya bahwa intuisi adalah sumber pengetahuan yang benar, meskipun kegiatan berfikir intuitif tidak mempunyai logika atau pola berpikir tertentu. Jadi dalam hal ini bukan saja kita berbicara mengenai pola penemuan kebenaran melainkan juga sudah mencakup materi pengetahuan yang berasal dari sumber kebenaran tertentu.
Dalam hal penalaran maka kita belum berbicara mengenai materi dan sumber pengetahuan tersebut, sebab seperti kita katakana terdahulu, penalaran hanya merupakan cara berpikir tertentu. Untuk melakukan kegiatan analisis maka kegiatan penalaran tersebut harus diisi dengan materi pengetahuan yang berasal dari suatu sumber kebenaran. Pengetahuan yang dipergunakan dalam penalaran pada dasarnya bersumber pada rasio dan fakta. Mereka yang berpendapat bahwa rasio adalah sumber kebenaran mengembangkan paham yang kemudian disebut rasionalisme. Sedangkan mereka yang menyatakan bahwa fakta yang tertangkap lewat pengalaman manusia merupakan sumber kebenaran mengembangkan paham empirisme.
Penalaran yang akan dikaji dalam studi ini pada pokoknya adalah penalaran ilmiah, sebab usaha kita dalam mengembangkan kekuatan penalaran merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan mutu ilmu dan teknologi. Penalaran ilmiah pada hakikatnya merupakan gabungan dari penalaran deduktif dan induktif, di mana lebih lanjut penalaran deduktif terkati dengan rasionalisme, dan penalaran deduktif dengan empirisme. Oleh sebab itu maka dalam rangka mengkaji penalaran ilmiah kita terlebih dahulu harus menelaah dengan seksama penalaran deduktif dan induktif tersebut. Setelah itu di telaah bermacam-macam sumber pengetahuan yang ada yakni rasio, pengalaman, intuisi dan wahyu. Pengetahuan mengenai hakikat hal-hal tersebut memungkinkan kita untuk menelaah hakikat ilmu dengan seksama.
Saturday, October 5, 2013
Pentas seni SMPN 52 Jakarta Th. 2013/2014
Pentas seni SMPN 52 Jakarta Th. 2013/2014
Oleh : Iqbal T
Setelah sukses menggelar lomba 5 hari yang lalu atau yang disebut "52 Mencari Bakat", SMPN 52 Jakarta masih memiliki satu event menarik di penghujung bulan Agustus. Event tersebut adalah pentas seni. Pentas seni memang menjadi acara tahunan di sekolah ini. Namun, pensi yang digelar kali ini berbeda dari biasanya. Karena pensi kali ini akan menampilkan gabungan atraksi MOS dengan pentas seni untuk pertama kalinya. Selain itu, pensi ini juga dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan beberapa macam ekstrakurikuler baru di SMPN 52 Jakarta.
Pensi kali ini bertujuan untuk menarik minat peserta didik baru untuk mengikuti jenis-jenis ekskul yang tersedia.
Antusiasme peserta didik terhadap pentas seni kali ini sangat tinggi. Masing-masing perwakilan ekskul memperlihatkan penampilan yang sangat menarik. Selain demo dari masing-masing ekstrakurikuler, juga tersedia bazaar dari masing-masing kelas yang menjual berbagai makanan tradisional yang dapat menemani anda saat menikmati atraksi ekstrakurikuler.
Subscribe to:
Posts (Atom)